Fakta-fakta unik dan menarik tentang telur

Boleh jadi telur adalah salah satu makanan favorit bagi manusia, hampir semua makanan menggunakan bahan baku telur atau sekedar menggunakanya sebagai pelengkap, mulai dari pizza, bolu, roti, kue, nasi goreng, hingga pancake. Tak heran jika telur seakan menjadi salah satu kebutuhan bagi manusia.

http://www.beembee.com/wp-content/uploads/2010/08/eggs-600x450.jpg

Di balik gunanya yang sangat besar bagi manusia, telur mempunyai bnyak fakta yang unik dan menarik yang patut untuk kita cermati sebagai bahan pengetahuan, yaitu:

1. Untuk dapat menetas, telur harus berada dalam suhu yang hangat, minimal 105 derajat fahrenheid, karena jika terlalu dingin, cairan di dalam telur akan mengalami gangguan kontraksi yeng menyebabkan tak terciptanya janin.

2. Warna putih telur menunjukkan keadaan telur beserta usinya, jika warna putih telur sedikit berawan, berarti telur dalam keadaan segar. Jika warna putih telur berwarna putih cerah, berarti telur mengalami sedikit penuaan. Dan jika putih telur berwarna merah muda, berarti telur mengalami pembusukan.

3. Rata-rata ayam betina bertelur sebanyak 250-270 butir per tahun, angka ini didasarkan pada keadaan normal ayam dengan kondisi dimana makanan tersedia serta lingkungan yang mendukung.

4. China adalah pemasok telur terbesar di dunia. Hampir 50 persen telur yang ada di dunia ini dipasok dari China, jumlah itu setara dengan 390.000.000.000 butir telur setiap tahunya.

5. hampir semua telur di dunia ini diproduksi oleh ayam, yaitu sebanyak 84% dari seluruh telur di dunia, sisanya adalah 9% bebek, 3% puyuh, 1% burung, dan sisanya adalah unggas lainya.

6. Telur mempunyai kandungan gizi yang lengkap. yang terdiri dari karbohidrat, protein, serta delapan macam asam amino, sehingga telur cocok untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

7. Telur lebih dulu ada dibandingkan ayam, hal ini didasarkan pada fakta bahwa sejak dahulu, dinosaurus sudah mengeluarkan telur, sedangkan ayam adalah makhluk evolusi yang muncul jauh setelah dinosaurus punah.

8. Telur sebenarnya mempunyai banyak lubang. walaupun tak kasat mata, sebenarnya ada lubang kecil yang berada di daerah kerak pelindung, hal ini berfungsi agar makhluk yang belum lahir bisa bernafas. jumlah lubang pori-pori ini mencapai 17.000 lubang.

9. Putih telur lebih banyak mengandung protein. Protein yang terkandung dalam putih telur sekitar 57 persen, 43 persen sisanya berada di dalam kuning telur.

10. Telur ternyata bagus untuk pertumbuhan rambut, Selain dikonsumsi secara langsung, telur juga membantu pertumbuhan rambut. Caranya, usapkan kuning telurnya pada bagian akar rambut. Dikabarkan, rambut akan lebih subur dan kebotakan akan menjauh dengan cara ini.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Copyright © / BLOG YADIE DAN NANCY MUHSAN

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger